Info Harga dan Ciri-ciri Kambing Boer Fullblood Asli – Pangandaran

Mengetahui ciri-ciri kambing Boer asli berdarah murni sangatlah penting. Boer merupakan kambing pedaging yang banyak dicari dan berstandar internasional. Boer tidak hanya populer di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia. Ia juga dikenal sebagai kambing raksasa.
Kambing Boer Kambing Boer merupakan hewan langka yang berasal dari Afrika Selatan, meski kini populasinya sudah menyebar ke seluruh dunia. Khususnya di peternakan modern seperti Australia. Kambing full blood dirawat dan dicatat secara teliti dan rantai kambingnya benar-benar bersih.
Namun sebelum melangkah lebih jauh, apakah anda sudah paham apa itu kambing fullblood? Kambing fullblood merupakan kambing yang berdarah murni artinya tidak mencampurkan gen dari kambing varietas lain.
Oleh karena itu, kambing Boer fullblood mengacu pada fakta bahwa dalam catatan lama hewan ini hanya ada Boer. Tidak ada campuran kambing Non Boer (non Boer). Hal ini dapat dibuktikan dengan memperhatikan ciri-ciri berikut.

Ciri-ciri Kambing Boer Fullblood Asli

Kami mengapresiasi kekhawatiran anda mengenai harga kambing Boer darah lengkap dan kambing Boer campuran yang jauh berbeda. Sudah mengeluarkan jutaan dollar untuk fullblood Boer tapi malah mendapatkan kambing campuran jelas cukup mengecewakan.
Kambing Boer fullblood dapat tumbuh hingga berat 150 kilogram per ekor. Hal inilah yang menjadikan Boer sebagai kambing pedaging unggulan berstandar internasional. Anda bisa membeli kambing African Boer fullblood dari peternakan modern yang peduli dengan genetika kambing asli seperti dari Australia.
Meski begitu, ciri-ciri kambing Boer fullblood bisa muncul dari pengalaman. Berikut adalah beberapa karakteristik umum yang melekat pada 100% penduduk asli Boer Afrika berdarah murni. Semakin sering anda menjumpai kambing full blood dan semakin mudah membedakannya dari yang full blood dan yang tidak.
1. Memiliki Garis Putih Vertikal di Kepala
Ciri-ciri kambing Boer fullblood ini dilihat dari bagian kepalanya. Terdapat garis vertikal berwarna putih yang membentang dari hidung hingga dahi. Sedangkan beberapa Boer berdarah murni dengan ciri-ciri ini, mayoritas memiliki tanda putih di sepanjang bagian depan wajahnya.
Jika Anda menjumpai Boer Fullblood yang tidak memiliki garis atau tanda putih vertikal di kepalanya. Jangan langsung berasumsi bahwa mereka bukan fullblood, karena ada Boer fullblood yang kepalanya seluruhnya berwarna coklat/merah. Ada juga Boer fullblood yang seluruh tubuhnya berwarna coklat/merah, tidak ada warna putih sama sekali.
Garis-garis putih vertikal di sekitar leher kambing Boer merupakan ciri khasnya. Namun jika tidak ada satupun garis putih tersebut, atau seluruh tubuh tampak berwarna merah/coklat, secara ilmiah disebut kelainan genetik. Namun, semuanya memiliki Boer berdarah murni.
2. Tanduk Kepala Sedikit Melengkung ke Belakang
Selain itu, jika dilihat dari tanduknya, ciri khas hewan ini terlihat jelas. Kambing boer fullblood termasuk tanduk dengan lengkungan melengkung ke belakang. Ukuran kambing Boer fullblood tidak sebanding dengan domba Garut namun ukurannya sama kecilnya dengan kambing jawa. Jika Anda melihat kambing kacang, tanduknya menonjol atau tertutup. Tanduk kambing Boer terletak di bawah dan tidak memiliki sengat.
Pada saat penyapihan, cula Boer sudah mulai terlihat. Seiring dengan tumbuhnya tanduk, terjadi perluasan tanduk ke arah belakang. Karena fokus utama kambing Boer adalah daging, maka kambing Boer bukanlah sesuatu yang dianggap penting secara nutrisi dan oleh karena itu ukuran culanya tidak besar.
3. Badan Berbulu Putih Bersih dan Pendek
Kambing Boer Afrika memiliki bulu yang sangat pendek sejak dahulu kala. Mayoritas anggota kaki dan tubuhnya serta punggung dan kakinya berwarna putih. Hanya bagian kepalanya yang memiliki sedikit tanda berwarna merah, coklat atau hitam, dan tampak berwarna putih di bagian depan.
Bulu yang lebih pendek menunjukkan bahwa Boer benar-benar kurus atau gemuk. Ada kambing Gembrong dan kambing berbulu panjang dan tebal yang banyak ditemukan di wilayah timur Pulau Bali. Pada kambing Gembrong harus memegang badan kambing untuk mengetahui apakah kambing tersebut benar-benar berbobot atau tidak.
Berbeda dengan Boer yang bisa dilihat dengan memeriksanya. Apalagi jika kambing Boer sudah dewasa, ukurannya akan membuat orang terkejut, karena semuanya daging kambing. Untuk menghasilkan kambing Boer yang sehat dan gemuk, maka harus dilakukan perawatan yang sangat hati-hati, khususnya dalam hal pakan.
4. Ciri-ciri Kambing Boer Darah Penuh yang Hidungnya Cembung
Selain kepala berwarna coklat dengan corak putih, badan kecil berwarna putih serta bulu pendek berwarna putih. Kalau lebih fokus, coba lihat moncongnya. Kambing Boer sejati dengan darah lengkap Kambing Boer lebih cembung dan mempunyai hidung yang lebar. Semakin cembung dan lebar moncongnya, maka kambing Boer akan semakin tampan.
Meski ia masih bayi baru lahir, mulut dan hidungnya tampak berbeda. Lebih lebar dengan warna lebih gelap. Anda yang biasa melihat kambing tentunya berada di thkami tahu tentang ini. Dapatkan kambing Boer darah lengkap 100% asli di GibasBarokah.com.
5. Telinga Kambing Boer Darah Penuh Menggantung Panjang
Mirip dengan kambing jawa, telinga kambing boer fullblood boer juga panjang dan punggung. Telinganya memiliki warna yang sama dengan kepala dan bisa berwarna hitam, coklat, atau merah. Ciri-ciri Kambing Boer Fullblood Kambing Boer fullblood tidak terlalu menonjol, karena banyak sekali jenis kambing yang mempunyai telinga mirip dengan kambing Boer fullblood.
6. Kambing Boer Darah Penuh Kaki Pendek
Kaki yang pendek menggambarkan kambing Boer fullblood dengan sangat jelas. Badannya besar, tapi kakinya tidak begitu panjang, kok bisa? Kambing boer merupakan jenis kambing yang unik. Kambing boer mempunyai tubuh yang lurus, badan yang tebal, dan leher yang panjang. Semakin panjang dan lebat leher kambing Boer menandakan hewan tersebut sehat dan berkualitas.
7. Postur Tubuh Kekar, Panjang, dan Gemuk
Meskipun kakinya kecil karena tubuhnya yang sangat berisi, kambing Boer dewasa dapat mencapai ketinggian lebih dari 80 cm. Benar sekali, kambing Boer bisa mencapai berat 150 kilogram karena isinya penuh daging.
Tubuh lurus, panjang ramping, gemuk dan bulu pendek merupakan ciri khas kambing berdarah murni Boer. Dari sinilah kambing diakui sebagai daging berkualitas internasional.
8. Sertifikat Ras Kambing Darah Lengkap
Kalaupun Anda masih baru dan kesulitan membedakan kambing Boer darah murni dan kambing Boer campuran, Anda tidak perlu khawatir atau kesal. Pasalnya, dengan harga beberapa juta dolar untuk seekor kambing Boer dewasa, ia memiliki sertifikat yang membuktikan keaslian dan kemurnian induk dari ras tersebut.
Apalagi jika Anda mendatangkan kambing Boer fullblood Afrika dari peternakan modern yang terkenal di seluruh dunia. Peternakan modern dengan reputasi baik dalam memberikan kesejahteraan hewan yang unggul di Australia.
Kambing Boer Afrika yang berasal dari peternakan modern Australia telah disertifikasi sebagai kambing darah penuh. Tentunya hal ini menjadi jaminan bahwa kambing yang Anda terima akan sehat, tidak cacat atau sakit, serta memiliki keunggulan 100% atas gen Boernya.
#hargakambingboer #kambingboerfullblood #kambingboerafrika #africanboergoat #boergoatfullblood #hargakambingoerjantan #kambingboeraustralia